Pemain NFL Dengan Darah Indonesia Pertama

Amerika Serikat jadi hari monumental untuk Ryan Santoso. Pemuda 24 tahun itu pada akhirnya lakukan kiprah pada musim reguler persaingan American Football paling besar di dunia, NFL. Ryan jadi pemain turunan Indonesia pertama yang main pada musim reguler NFL.

Ryan Santoso benar-benar terdaftar selaku masyarakat negara Amerika Serikat. Tetapi ia mempunyai darah Indonesia dari ayahnya, Riyanto Santoso. Ibunya berawal dari Amerika Serikat namanya Lori. Sebelumnya terakhir tembus NFL, Ryan Santoso bermain untuk team kampusnya, Kampus Minnesota. Ryan baru diambil oleh club NFL, Tennessee Titans, pada 27 November 2019 kemarin.

Titans langsung memberi peluang Ryan Santoso lakukan kiprah di NFL waktu menantang Indianapolis Colts di Lucas Oil Fase. Ryan bermain selaku kicker atau punter.

Kiprah Ryan bersama Titans di NFL cukup berhasil. Ia sukses lakukan 5 kali touchback. Titans berhasil menang besar 31-17 atas Colts.

Dikontrak Detroit Lions

Ryan Santoso sesungguhnya telah diambil club NFL di tahun 2018. Ryan Santoso dikontrak Detroit Lions pada April 2018, walau awalnya tidak dipilih di NFL Draft 2018.

Di Lions, Ryan Santoso tidak berhasil mendapatkan peluang tampil pada musim reguler NFL. Ia kesusahan berkompetisi dengan pemain senior, Sam Martin. Pria bertinggi 196 cm dan berat 118 kg ini selanjutnya dilepaskan Lions pada 30

Habis terpental dari Lions, Ryan Santoso sempat sesaat bela club American Football asal Kanada, Montreal Alouettes pada 24 September 2019 saat sebelum dilepaskan 15 Oktober 2019. Ryan selanjutnya dikontrak Titans.

Berposisi sebagai kicker

Berlainan dengan sepak bola biasa yang dijumpai beberapa orang. Dalam olahraga American Football, malah nyaris seluruh pemain tidak memakai kakinya untuk membawa bola, tetapi memakai tangan dan tubuhnya membuat perlindungan bola, terkecuali status kicker. Ryan berposisi selaku kicker yang bekerja menyepak bola baik waktu bola ditempatkan di tanah (placekick) atau bola dilepaskan dari pegangan tangan dan disepak saat sebelum sentuh tangan (punt).

Keturunan Indonesia dari ayahnya

Ryan terhitung seorang pemain American Football muda. Pria kelahiran 26 Agustus 1995 ini mengawali kariernya dalam American Football semenjak tahun 2012. Ryan sendiri memperoleh turunan Indonesia dari ayahnya yang namanya Riyanto Santoso yang menikah dengan wanita Amerika Serika namanya Lori.

Baca Juga : Daftar Pemain NFL Terkaya Di Dunia

Ryan mempunyai dua saudara kandungan. Walau turunan Indonesia, tetapi Ryan sekarang ini terdaftar selaku masyarakat negara Amerika Serikat.

Mengawali karirnya melalui tim di sekolahnya

Ryan tidak langsung bisa langsung bertanding di kejuaraan American Football paling prestise itu. Ryan memulai tujuannya bermain American Football lewat club sekolah menengah atas di teritori Florida. Lantas ia memilih untuk betul-betul meniti karier di American Football waktu berkuliah di Kampus Minnesota di tahun 2012.

Jatuh bangun saat berkarir

Di Tahun 2014, profesi Ryan di American Football diawali waktu bela kampusnya di Minnesota. Tetapi prestasinya tidak begitu baik , terdaftar point kekuatannya cuman 66,7%. Tetapi dengan masih berusaha dan latihan, Ryan tingkatkan pointnya sampai 80,9% di tahun yang serupa.

Sesudah usai dari Minnesota, Ryan bergerak menjadi seorang pemain profesional di Detroit Lions, satu team American Football profesional di kota Detroit, di tahun 2018. Tetapi sayang Ryan belum sukses tampil pada musim reguler NFL sebab kompetisi antar pemain yang berat, sampai selanjutnya 30 Agustus 2019, Ryan telah tidak akan bermain di Lions.

Sesudah dari Lions, Ryan coba peruntungannya untuk bermain di team Canadian Football, Montreal Alouettes, selaku regu latihan yang cuman berjalan kurang dari 1 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.