Mengenal Sejarah dan Perkembangan Olahraga Terbaik Rugby

Rugby adalah olahraga yang mirip dengan sepak bola yang awalnya dimainkan oleh episcross Yunani kuno. Pertandingan rugby di Prancis lebih dikenal dengan La Soule atau Chole. Seiring perkembangannya, olahraga rugby terus berubah.

Sejarah Dunia Rugby

Antara 1750 dan 1859, sekolah rugby bermain rugby dengan bola, tetapi tidak mungkin berlari dengan bola di tangan. Pada saat itu, tidak ada batasan jumlah pemain, sehingga ratusan pemain dapat berpartisipasi dalam pertandingan. Karena jumlah pemainnya yang banyak, permainan rugby ini seringkali melukai dan melukai semua pemain.

Mengenal Sejarah dan Perkembangan Olahraga Terbaik RugbyKemudian, sekitar tahun 1859-1869, rugby berubah lagi. William Webb Ellis, yang saat itu seorang siswa Inggris, dilanggar saat berlari dengan bola di tangannya. Namun, pelanggaran tersebut tidak menimbulkan protes dari pemain lain.

Permainan rugby pada periode ini juga mencampuradukkan aturan sepak bola dan rugby, dan para pemain menendang bola di mana saja. Perlu dicatat bahwa siswa Inggris sering menetapkan aturan mereka sendiri. Ada begitu banyak aturan sehingga model permainan baru lahir di mana pemain, seperti William Webb Ellis pada saat itu, dapat mengambil dan membawa bola dengan tangan mereka. Sejak itu, permainan ini dikenal sebagai permainan rugby.

Tak lama kemudian, Victoria memberlakukan perjanjian dan peraturan lokal di mana hanya anak laki-laki dari sekolah rugby yang berpartisipasi. Pada saat itu, dia adalah direktur dan dokter sekolah rugby. Thomas Arnold adalah orang yang sangat berpengaruh dalam membuat permainan rugby terkenal di semua negara di dunia.

Sejarah Rugby Indonesia

Jenis olahraga yang disebut kesulitan ini baru muncul di tanah air pada zaman Hindia Belanda. Ada sekitar empat tim rugby di Korea selama masa penjajahan Jepang. Permainan mulai berkembang sedikit dari tahun 1986 dan kemudian menghilang.

Meski berkembang di kalangan masyarakat adat saat itu, permainan rugby ini belum sepenuhnya berkembang di dalam negeri dan belum ada yang berminat.

Namun berkat kerjasama Australia, Selandia Baru, Malaysia dan Singapura, rugby kembali populer di Indonesia pada tahun 2004. Sejauh ini, sekitar 600 pemain telah bergabung dengan organisasi rugby Indonesia yang dikenal sebagai Federasi Sepak Bola Rugby Indonesia (IRFU). . Organisasi ini merupakan bagian dari Komite Rugbi Internasional dan Asosiasi Sepak Bola Rugbi Asia.

Federasi Sepak Bola Rugby Indonesia atau IRFU adalah organisasi nirlaba yang didirikan sekitar tahun 2004 oleh penggemar rugby di seluruh negeri. Pada tahun 2004, Persatuan Sepak Bola Rugby Indonesia menjadi International Rugby Committee atau IRB.

Pada tahun 2005, IRFU terdaftar di Asian Rugby Federation (ARFU) dan International Rugby Council (IRB). Kemudian komunitas rugby mulai berkembang. Toh, rugby kini semakin dikenal masyarakat luas.