Mengapa Rugby Unik, Liar, dan Penuh Kecelakaan

Rugby adalah jenis permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim. Tidak seperti sepak bola, rugby melibatkan menendang, melempar, dan mempertahankan bola untuk mencetak gol sebanyak mungkin. Rugby memang identik dengan ketangguhan fisik, namun masih banyak fakta menarik lainnya tentang olahraga tersebut. Setiap?

  1. Bola elips

Saat Anda menonton pertandingan rugby, Anda pasti terpesona dengan bentuk bola yang unik. Dimana bolanya tidak bulat dan menyerupai telur. Kami menemukan bahwa bola oval yang disebutkan dalam 10 informasi dalam kategori Olahraga Rugbi terbentuk secara alami dan dipengaruhi oleh kandung kemih babi, elemen dasar dari produksi sebelumnya. Bentuk oval, ciri khas bola yang digunakan dalam sepak bola, masih dipertahankan hingga sekarang. Bentuk ini juga diperkirakan akan memudahkan pemain untuk meraihnya.

Tapi hari ini, ada lebih banyak bola sintetis daripada kandung kemih babi.

  1. Rebecca Lyndon

Mengapa rugby itu unik, liar, dan penuh kecelakaan

Salah satu pembuat bola rugby pertama yang dikenal sebagai penyamak kulit, Richard Lyndon kemudian mengembangkan bola rugby yang terbuat dari karung babi yang dibungkus dengan kulit.

Seperti diberitakan dalam buku The Oval World: A Global History of Rugby, pada saat itu bola rugby hanya bisa dipompa dengan cara ditiup langsung melalui mulut. Meskipun metode tersebut dianggap berbahaya karena penulis dapat menginfeksi hewan mati.

Selain itu, istri Richard Lyndon, Rebecca Lyndon, mengambil alih pekerjaan itu. Selain bekerja sebagai ibu rumah tangga, Rebecca mengidap penyakit paru-paru dan harus berhadapan dengan bola lonjong dalam pekerjaan berbahaya ini.

  1. Pendiri olahraga rugby

Penemu olahraga ini adalah seorang siswa bernama William Webb Ellis, yang bersekolah di sekolah rugby. William Webb Ellis dikatakan pertama kali menangkap bola dengan tangannya saat berlari saat bermain sepak bola. Sayangnya, masih belum ada bukti kuat untuk cerita ini, sehingga keaslian catatan tersebut diragukan.

Apakah dia adalah pendiri olahraga rugby atau tidak telah dipertanyakan, meskipun dia dikutip melalui situs olahraga Sport Abroad, kesuksesan William sebenarnya dikaitkan dengan olahraga yang dia geluti, lebih sukses dalam memenangkan kriket, dan akhirnya ke Prancis.

  1. Negara yang terkenal dengan rugby

Di balik serunya permainan rugby, banyak negara, termasuk Indonesia, yang baru mengenal olahraga ini. Namun, olahraga ini masih diminati, terutama di bekas jajahan Inggris seperti Selandia Baru, Australia, Afrika Selatan, Fiji, Irlandia, Skotlandia, Brasil, Laos, Kenya, dan banyak negara lain seperti Amerika Serikat.

  1. Tingkat cedera yang sangat tinggi

Rugby, disebutkan dalam artikel The Conversation, merupakan salah satu olahraga dengan tingkat cedera hingga 90%, dengan cedera sedang terjadi ketika pemain bersentuhan langsung, seperti gegar otak. Seperti yang Anda ketahui, permainan mengutamakan mempertahankan bola yang menjaga skor. Namun, tidak seperti sepak bola Amerika, rugby menang karena lebih banyak pertarungan fisik seperti memukul dan mendorong. Karena itu, rugby sering dipandang sebagai olahraga berbahaya yang cenderung sulit.