Kesepakatan NFL datang setelah Colin Kaepernick menjadi bintang perdagangan Nike.

Football League (NFL) membuat pernyataan resmi sebagai tanggapan atas keputusan Nike untuk menampilkan Colin Kaepernick, bintang kampanye Just Do It, yang diputar sebelum lagu kebangsaan Amerika 2016.

1. NFL mengatakan masalah Kaepernick “layak mendapat perhatian dan perilaku kita.”

NFL PR dan kepala PR Jocelyn Moore mengakui dalam sebuah pernyataan tertulis bahwa dia “percaya pada dialog, pemahaman, dan persatuan.”

“Kami menyadari peran dan tanggung jawab semua orang yang terlibat dalam permainan ini untuk mendorong perubahan signifikan di masyarakat. Masalah keadilan sosial yang diajukan oleh Colin dan pemain lain patut mendapat perhatian dan posisi kami.” rawa-rawa.

2. Komentar Nick tentang wajah Kaepernick memicu kontroversi

Awal pekan ini, Nike merilis pernyataan merayakan ulang tahun ke-30 kampanye Just Do It dengan wajah Kaepernick. Pemain berusia 30 tahun itu memasang spanduk di halaman media sosialnya yang bertuliskan, “Percayalah pada sesuatu. Bahkan jika itu berarti pengorbanan.”

Banyak sayap kanan memposting foto sepatu mereka yang terbakar dan menggunakan tagar #justburnit, yang telah menjadi topik populer. Mereka memprotes keputusan Nike untuk mempercayai Kaepernick, salah satu pemain favorit mereka. Beberapa mengatakan mereka akan berhenti membeli produk Nike.

Tetapi beberapa juga kompatibel dengan Nike dan Kaepernick. Bagi mereka, Kaepernick adalah pahlawan dan mendapatkan status sebagai salah satu orang paling berpengaruh dalam budaya Amerika saat ini. Mereka juga percaya bahwa Nike tidak hanya menjual produk, tetapi juga memiliki pesan penting untuk generasi baru saat ini.

Baca Juga : Pertandingan Yang Mengungkapkan Apa Yang Penting di NFL

3. Kelompok konservatif memandang Kaepernick sebagai patriotik karena menolak untuk berdiri dan bernyanyi.

Kaepernick saat ini adalah pemain NFL non-representasional. Pada 2016, Kaepernick mulai memamerkan aktivisme politiknya di kontes tersebut. Saat lagu diputar, penyanyi berusia 30 tahun itu tidak bangun dan bernyanyi seperti biasanya.

Sebaliknya, dia berlutut dengan satu kaki. Kaepernick telah melakukan ini di beberapa pertandingan. Pemain keamanan Milwaukee meninggalkan San Francisco 49ers pada akhir 2016 dan belum ditandatangani oleh tim NFL mana pun. Faktanya, Kaepernick adalah salah satu pemain bertahan terbaik di NFL.

Kaepernick memutuskan untuk berlutut tanpa alasan. Dia melakukan ini untuk memprotes rasisme dan kebrutalan polisi di negaranya. Pada konferensi pers setelah lutut pertama, Kaepernick mengatakan dia “lebih besar dari sepak bola.”

“Saya tidak bisa bangga dengan bendera yang digunakan untuk kekerasan terhadap orang kulit hitam dan ras lain. Bagi saya ini lebih besar dari sepak bola dan akan menarik untuk mengabaikannya. Ada mayat di jalanan yang bisa ‘lari’ saat pembunuhan berlanjut. .

4. Nike telah memiliki kontrak dengan Kaepernick sejak 2011, tetapi sekarang tampaknya menjadi bintang promosi.

Nike dan Kaepernick tidak hanya bekerja sama. Pabrikan pakaian olahraga Oregon bahkan menandatangani kontrak dengan Kaepernick pada tahun 2011. Namun baru kali ini Kaepernick menjadi bintang promosi.

Nike mengatakan “mendukung hak atas kebebasan berbicara” untuk semua atlet, termasuk Kaepernick. Menurut The New York Times, Nike telah meminta miliaran dolar untuk Kaepernick, termasuk kaus kaki dan sepatu dengan fitur khusus.

Beberapa percaya langkah Nike bisa berbahaya, terutama karena Nike akan mendukung NFL pada 2028. Yang lain berharap Nike akan menarik penggemar setia dari ribuan penggemar NFL, warga kulit hitam, dan sejenisnya yang mendukung Kaepernick. Aktivisme politik selama periode ini, termasuk oposisi Donald Trump